SEJARAH INTERNET

Internet telah membawa revolusi besar pada dunia komunikasi dan komputer.Internet dengan berbagai kapabilitas dan aneka layanan yang disuguhkannya segera menjangkau seluruh pelosok dunia dalam waktu relatif singkat, suatu melkanisme penghamburan informasi, media kolaborasi dan interaksi di antara individu dan computer tanpa terbatas lokasi goegrafis dan waktu.

* Apa itu Internet ?

Internet terbentuk oleh jutaan computer yang terhubung bersama dari seluruh pelosok dunia, memberi jalan bagi informasi untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama selama 24 jam sehari. Komputer-komputer ini dapat berada di rumah, kantor, sekolah, departemen pemerintah, universitas dan lainnya. Internet sering di definisikan sebagai a network of networks karena jaringan lebih kecil yang dimiliki organisasi atau perorangan bergabung menjadi satu sehingga membentuk satu jaringan raksasa.


* Sejarah Internet

Internet berawal dari diciptakannya teknologi jaringan komputer sekitar tahun 1960. Apa sebenarnya jaringan komputer itu ? Jaringan komputer adalah beberapa komputer terhubung satu sama lain dengan memakai kabel dalam satu lokasi, misalnya dalam satu kantor atau gedung. Jaringan komputer ini berfungsi agar pengguna komputer bisa bertukar informasi dan data dengan pengguna komputer lainnya.

Pada awal diciptakannya, jaringan komputer dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir. Amerika khawatir jika negaranya diserang maka komunikasi menjadi lumpuh. Untuk itulah mereka mencoba komunikasi dan menukar informasi melalui jaringan komputer.

Pada tahun 1969 ketika itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.

Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

















Setelah angkatan bersenjata Amerika, dunia pendidikan pun merasa sangat perlu mempelajari dan mengembangkan jaringan komputer. Salah satunya adalah Universitas of California at Los Angeles (UCLA). Akhirnya di tahun 1970 ini, internet banyak digunakan di unversitas-universitas di Amerika dan berkembang pesat sampai saat ini. Agar para pengguna komputer dengan merek dan tipe berlainan dapat saling berhubungan, maka para ahli membuat sebuah protokol (semacam bahasa) yang sama untuk dipakai di internet. Namanya TCP (Transmission Control Protocol, bahasa Indonesianya Protokol Pengendali Transmisi) dan IP (Internet Protocol).

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.

Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.

Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

-------------------------------------------------------------------------------------------------

Pertanyaan dan Jawaban !!!!

1. Sebutkan protocol status dari jaringan internet !

* Required

* Recommended : Sistem harus mengimplementasikan yang direkomendasikan.

* Elective : Sistem untuk mengimplementasikan protocol yang terpilih

* Limited use : Protocol ini digunakan pada kondisi yang terbatas (experimental state, histories state)

* Not Recommended : Protocol ini, tidak direkomendasikanuntuk kebutuhan yang luas.


2. Beri contoh arsitektur dari jaringan internet !














3. Internet protocol bisa memiliki salah satu dari state, sebutkan state yang dimaksud !

* Standard : Standard IAB mengeluarkan ini sebagai protocol untuk internet dibagi menjadi dua, yaitu IP Protocol dan Network spesifik protocol.

* Draft Standard : Draft Standard IAB mempertimbangkan protocol ini sebagai prptocol standard

* Proposed standard : ini adalah proposal protocol yang mungkin dipertimbangkan IAB menjadi standard.

* Experimental : Sistem tidak mengimplementasikan protocol eksperimental kecuali berpartisipasi pada experiment.

* Informational : Protocol dikembangkan oleh standart organisasi atau vendor yang lain.

* Historic : Protocol ini protocol yang mungkin tidak akan menjadi internet lain.


4. Bagaimana cara Koneksi ke internet ?

* Emulasi ke ISP (Internet Service Provider) berlangganan ke ISP (Biaya lebih murah)

* Koneksi melalui Gateway koneksi ke internet dengan menggunakan gateway

* Koneksi Permanen (Leased) koneksi penuh (24 jam sehari ; 7 hari seminggu)

* Koneksi sementara dengan SLIP / PPP (Dial-Up)

· Hubungan dengan telepon dan banyak digunakan user

· Biaya murah dan dapat memiliki semua fasilitas Internet


5. Alamat IP berupa angka sulit diingat, maka dibuat dalam bentuk DNS (Domain Name System). Jelaskan tentang DNS ?

* Format DNS : nama-komputer . sub-domain . top-domain

* Top-domain biasanya berupa kode negara : au (Australia), id (Indonesia), tetapi kadang berupa kelompok organisasi seperti com (commercial), edu (education), dsb

* Sub-domain berupa kelompok organisasi, missal ac (academic), or (organisasi non profit), dsb

* Nama-komputer berupa nama computer yang dimiliki organisasi, umumnya sama dengan nama organisasi.

* Contoh : ipb.ac.id, ndsu.edu, yahoo.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar